Kamis, 06 Juni 2013

PERKARA BERDOA


 gambar foto orang berdoa

Berdoa artinya memohon. Tentu saja memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa . Berdoa sendiri adalah upaya manusia untuk menjalin hubungan dengan Sang Khalik yang tentunya agar mengatur segala hajat kehidupan manusia itu sendiri.Semua orang mempunyai cara, waktu dan  tempat tersendiri untuk berdoa. Ada orang yang  berdoa selepas shalat fardhu, shalat tahajud atau saat dhuha, ada juga orang yg lebih suka berdoa lama-lama, atau berdoa ala kadarnya. Saya mungkin salah satu dari kriteria yang terakhir

Mungkin saya adalah salah satu orang yang tidak mempunyai hubungan yang kurang intens dengan Tuhan saya. Mungkin juga karena kelemahan iman saya... walllahua'lam. Kalaupun saya berdoa , saya enggan memakai bahasa arab bukan lantaran saya tidak tahu atau tidak hafal. Tapi kok rasanya lebih mantep kalau pakai bahasa sehari-hari  saja .katanya kan Allah mengerti segala  bahasa dan rasa. 

Mengutip dari tausiyah ustadz kondang teman saya bilang kalo berdoa jangan tanggung tanggung. Yang paling banyak, yang paling bagus, paling segala-galanya lah......Saya pernah berdoa model begitu sampai sekarang  kadang-kadang....   
Allah sendiri menganjurkan kita untuk berdoa :
Dan Tuhanmu berfirman:"Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". (QS. 40:60)






Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. 2:186)
 

"Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku. " Seharusnya saya gak boleh males berdoa nih  karena janji Allah pasti akan mengabulkan permohonan orang yang berdoa.............( ini janji Allah loh gak main-main pasti beneer). Bener kata teman baik saya itu pol-polin dah berdoa...minta kaya sekalian kalau perlu duitnya sampai luber- luber di mana-mana )
Tapi kenapa ya doa saya sering di pending bahkan direject sama sekali . Coba baca lagi ayat selanjutnya  

"maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. 2:186)

Haaah pantesan..... saya seharusnya ngaca diri ya apa saya bener-benar telah memenuhi perintah-Nya dan selalu dalam kebenaran. Shalat saya genap lima tapi buat ngegenepi thok...menggugurkan kewajiban....Saya juga puasa ramadhan tapi apa puasa saya bener-bener puasa atau timbang jauhin piring dan sendok  seharian penuh. bagaimana saya dibilang selalu dalam kebenaran lha wong saya masih suka ngibul, korupsi waktu bekerja, menentang orang tua. Astagfirulllahal adziiim.......

Saya jadi malu memohon-mohon sama Yang Kuasa .....Tapi saya juga enggak mau dibilang sombong gara-gara tidak mau berdoa.Karena ada hal-hal tertentu yang tidak bisa saya adukan kepada sesama manusia....

Semoga Allah SWT mengampuni dosa- dosa saya yang luber ini ....(duitnya belum luber)  dan semoga saja Allah bisa menuntun saya menjadi orang yang selalu dalamkebenaran  dan selalu memenuhi segala perintah-Nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar